Tips Memilih dan Pilihan Sepatu Bayi Berdasarkan Progress Pertumbuhannya

Tips Memilih dan Pilihan Sepatu Bayi Berdasarkan Progress Pertumbuhannya

 Tips Memilih dan Pilihan Sepatu Bayi Berdasarkan Progress Pertumbuhannya


Sepatu Bayi sorex - Jika baru saja dikaruniai anak, Anda tentu sibuk mencari berbagai perlengkapan bayi, di antaranya sepatu. Agar tidak salah pilih, simak tips berikut ini agar bisa mendapatkan sepatu bayi yang tepat untuk si buah hati.


Sepatu Bayi Bukan Sekadar Alas Kaki Bagi Bayi


Setiap keluarga pasti akan sangat bahagia saat dikaruniai anak. Orang tua pun akan bersemangat membeli segala macam barang-barang bayi, di antaranya sepatu. Tak jarang pula segala macam sepatu dibeli agar mudah jika dipadukan dengan baju yang dikenakan.


Perlu diketahui bahwa sepatu bayi bukan untuk menyempurnakan penampilan bayi layaknya orang dewasa. Sepatu bayi berguna untuk melindungi kaki bayi dari debu, suhu panas atau dingin, serta berbagai hal yang membahayakan. Selain itu, sepatu bayi juga membantu proses latihan berjalan bayi seiring dengan pertumbuhannya.


Kenapa Sepatu Bayi Penting?


Banyak manfaat untuk sang bayi jika selalu memakai sepatu seperti yang dipaparkan berikut ini.


Melindungi Kaki dari Benda Tajam


Salah satu fungsi sepatu bayi adalah melindungi kaki dari benda-benda tajam yang ada di lantai atau halaman rumah ketika sedang belajar berjalan. Jika bayi selalu memakai sepatu, kakinya akan terlindung dan bersih tanpa terkena kotoran.


Menyangga Bobot Tubuh


Sepatu bayi berguna untuk menopang tubuh bayi dengan benar saat sedang belajar berjalan. Oleh karena itu, orang tua harus memilih sepatu yang pas dengan ukuran kaki bayi agar nyaman saat digunakan.


Membantu Proses Tumbuh Kembang Kaki Bayi


Tulang kaki bayi belum terbentuk sempurna sampai ia mencapai usia 6 tahun. Oleh karena itu, saat memilih sepatu bayi harus betul-betul pas dengan ukuran kakinya; tidak terlalu longgar, tidak terlalu sempit. Sepatu bayi yang terlalu longgar kurang bagus untuk bayi, karena bisa mengurangi kenyamanan saat berjalan dan bayi mudah tersandung. Sepatu bayi yang terlalu sempit dapat mengganggu pertumbuhan kaki bayi.



Membantu Proses Belajar Berjalan Bayi


Sepatu bayi dapat membantu proses belajar berjalan bayi. Sepatu yang memiliki pijakan dan sol yang lembut akan nyaman digunakan bayi saat belajar berjalan.


Tips Memilih Sepatu Bayi yang Cocok


Sepatu bayi terdiri dari beragam jenis model dan desain yang lucu dan menggemaskan yang sesuai dengan usianya. Tetapi tetap saja, sebagai orang tua kita harus mengutamakan kenyamanan sepatu untuk membantu pertumbuhan kaki bayi.

Hal paling utama dalam memilih sepatu bayi adalah harus menyesuaikan ukuran kaki bayi dengan ukuran sepatu; tidak boleh terlalu longgar atau tidak terlalu sempit. Cara mengetahui ukuran kaki bayi sangat mudah, yaitu dengan menggambarkan kaki bayi di atas kertas atau mengukurnya dengan meteran kain. Biasanya merek sepatu bayi terkenal seperti Mothercare sudah memiliki template ukuran sepatu bayi yang memudahkan orang tua. Anda dapat melihatnya di situs resmi Mothercare.

Pilih yang Bentuknya Kuat dan Kokoh


Jika bayi sudah mulai belajar berjalan, kita harus memilih sepatu bayi yang memiliki jahitan kuat di bagian tumit. Sepatu seperti ini berguna bagi bayi yang sedang belajar menopang bobot tubuhnya melalui tumit.


Pilih yang Modelnya Tertutup


Ada begitu banyak model dan desain sepatu bayi yang beredar di pasaran, mulai dari yang tertutup hingga terbuka. Sebaiknya kita memilih model sepatu bayi yang tertutup agar kaki bayi benar-benar terlindung. Hal ini penting, karena fungsi utama sepatu bayi adalah melindungi kaki bayi dari kotoran, debu, cuaca panas atau dingin, benda-benda tajam, dan binatang kecil.


Terbuat dari Bahan Berkualitas


Pilihlah sepatu bayi yang terbuat dari bahan yang bagus dan berkualitas agar tidak mudah rusak saat bayi mulai belajar jalan. Ada tiga jenis bahan sepatu bayi yang baik untuk kaki bayi, yaitu kanvas, kulit, dan rajut. Ketiga bahan ini tidak membuat kaki bayi menjadi lembap. Selain itu, pilihlah sepatu bayi dengan sol karet agar tidak licin dan tidak mudah terpeleset saat dipakai berjalan. Sepatu berbahan plastik tidak disarankan karena sifatnya tidak lentur sehingga dapat mengganggu kenyamanan bayi saat memakainya.


Pilih yang Memiliki Bantalan Medial Arkus


Sepatu bayi yang baik memiliki pijakan kaki berupa bantalan medial arkus di bagian dalamnya. Bantalan medial arkus adalah bantalan yang terbuat dari bahan spons sehingga membuat bayi merasa nyaman saat berjalan. Biasanya merek sepatu terkenal seperti Mothercare dan Stride Rite sudah dilengkapi dengan bantalan medial arkus.


Ujung Sepatu Membulat dan Tidak Runcing


Selain pijakan yang nyaman, kita juga harus memilih sepatu bayi yang bagian ujungnya membulat dan tidak runcing. Kaki bayi sangat cepat bertumbuh sehingga ujung sepatu yang membulat akan memberi ruang yang cukup untuk proses pertumbuhan kaki. Ujung sepatu yang meruncing biasanya membatasi pertumbuhan kaki bayi. Hal ini sangat perlu diperhatikan, terutama untuk bayi yang usianya masih di bawah 1 tahun.


Ganti Sepatu Setiap 2-3 Bulan Sekali


Sepatu bayi akan terasa sempit saat dipakai sekitar dua sampai tiga bulan sekali, karena pertumbuhan kaki bayi yang begitu cepat. Ketika sepatu sudah mulai sempit, sebaiknya kita harus langsung mengganti sepatu bayi yang lama dengan yang baru agar tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan kaki bayi.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts